Kisah Pra Sejarah di Jalur Sutera

drabudik

Silaturrakhim ke Negeri Panda 16

Hari ini terakhir di kota negeri panda tengah bagian utara yang cukup sejuk. Ibukota provinsi Ningxia ini merupakan wilayah yang diberi otoritas khusus, namun tetap terbatas, bagi masyarakat muslim. Sejarah perkembangan muslim disana, memang memiliki nilai tersendiri dalam mendukung pertumbuhan perekonomian kekaisaran saat itu.

Sejak pagi, setelah bisa istirahat dengan pulas, kami semua berkemas. Namun kami masih ingin mencari sesuatu yang bisa dibawa pulang ke rumah. Kami harus segera berburu keluar, karena batas check out jam 11.

Kami menuju ke arah kanan apartemen, kemudian ke kanan lagi. Masuk seperti pasar, namun tidak menemukan barang yang seperti kami maksud. Dan kami pun berjalan lagi menyusuri beberapa jalan sekitar 1 km. Hampir saja kami menemukan barang yang cocok, namun tidak bisa lagi kami tawar. Maklumlah, kami hanya berdialog dengan bahasa Tarsan serta mengandalkan kalkulator di HP untuk menawarnya. Dan kami pun kembali ke apartemen tanpa membawa buah tangan. Karena deadline waktu check out semakin mengejar kami.

Akhirnya kami harus meninggalkan apartemen yang menempati lantai 3 itu. Dan tidak kami sangka sebelumnya, kalau harus berjalan dengan membawa semua barang sekitar 1 km. Justru kami lebih semangat. Apalagi ternyata kami semua menuju mall. Ada harapan untuk bisa mendapatkan sesuatu disana.

Saat kakak istirahat menikmati makanan, kami mencoba berburu ke beberapa counter disana. Dan alkhamdulillah kami pun menemukan barang yang lebih baik dari yang kami tawar saat berburu pagi tadi, dengan harga yang wajar. Dan kami sangat bersyukur bisa mendapatkan kenangan dari kota otoritas Yinchuan.

Dengan santai sejenak di halaman mall sambil menikmati kopi terkenal yang berlogo hijau, kemenakan juga memanfaatkan waktunya di area bermain terbuka yang menyenangkan. Fasilitas permainan yang disediakan mall yang cukup besar itu, menjadi pilihan hampir setiap anak kecil.

Perjalanan hari ini dilanjutkan dengan mengunjungi museum ilmiah yang memiliki koleksi dinosaurus. Mulai dari lukisan atau foto dengan berbagai sudut pandang dan latar belakang terpajang dengan baik. Begitu juga patung miniatur dinosaurus dengan bermacam ukuran tersedia disana.

Museum ini tidak kalah megah dan besarnya dari museum Hui yang kami kunjungi kemarin. Dan yang cukup terkesan terutama bagi anak-anak adalah tersedianya bioskop 3D. Kita bisa menyaksikan kehidupan hewan purba yang telah punah itu, dengan alur cerita serta animasi yang sangat menarik. Kisah yang berusaha membangkitkan semangat bagi anak anak untuk belajar pada masa lalu agar langkah ke depan bisa lebih terarah.

Durasi animasi dokumenter masa pra sejarah yang dikemas dalam teknologi digital kekinian, melahirkan karya yang sangat dirindukan oleh anak seusia dasar dan sekolah menengah pertama. Mereka mendapat informasi antar teman untuk mencari kesenangan melihat 3D movie dengan kisah menarik itu.

Sebelumnya, kami mengitari serta melihat isi museum yang berada tepat di jantung provinsi Ningxia. Koleksi benda serta historis prasejarah yang berada dan ditemukan di negeri panda ini cukup lengkap serta memiliki nilai edukasi yang tinggi. Sehingga diharapkan bisa menginspirasi serta menumbuhkan semangat belajar dan penelitian ilmiah para pengunjungnya.

Setelah menghabiskan waktu untuk menjelajahi dan belajar banyak tentang kehidupan masa lalu serta perkembangan terkini di provinsi otoritas Ningxia, khususnya di sekitaran Yinchuan, kami harus segera mengakhiri. Dan kami akan menuju stasiun KA Yinchuan yang megah seperti bandara itu.

Tiba di stasiun kota jalur sutra ini sekitar 18.30, belum masuk maghrib. Tentu saja tebaran sinar matahari senja yang kemerahan masih menghiasi angkasa sekitar Yinchuan. Sebelum masuk stasiun, kami mencari bekal yang bisa disantap saat di kereta, yang jadwal berangkatnya jam 19.58. Dan kami semua masuk stasiun setelah kelengkapan bekal tercukupi.

Kami menunggu sekitar satu jam, sambil menikmati bekal di ruang tunggu yang cukup luas. Tidak terasa, kereta yang kami tumpangi sudah siap untuk check in, dan kami pun segera ikut antri. Kereta ini memang berangkat awal dari stasiun megah ini, dan kami akan menumpangi lebih dari satu hari.

Ber Sam bung . . . 17

Semoga kita selalu sehat. (Abk)