Belimbing Berperan Anti Aging?

drabudik
0

 


Salah satu buah yang tumbuh dengan baik di daerah iklim tropis adalah belimbing (averrhoa carambola). Buah yang memiliki penampang bentuk bintang ini, banyak dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan kita. Dan beberapa penyakit diyakini akan segera membaik, bila ditambah dengan mengkonsumsi belimbing. Rasa asam manis yang mendominasi buah belimbing, bisa lebih menyegarkan dan menambah selera makan.


Lebih dari 50% kebutuhan harian vitamin C, bisa kita dapatkan dari buah belimbing ukuran sedang, atau sekitar 100 gram. Jadi buah belimbing memang didominasi oleh unsur vitamin C, khususnya belimbing madu. Sehingga bisa bersaing dengan jeruk ataupun jambu kristal, dalam hal persentase kandungan unsur vitamin C. Asam Folat dan Niasin serta Beta Karoten, merupakan vitamin yang kita dapatkan dari buah belimbing pula.


Selain kaya serat dan vitamin, buah belimbing juga dikenal rendah kalori. Dalam satu buah belimbing berukuran sedang, memiliki 30 kalori dan 5 gram karbohidrat. Buah belimbing juga mengandung mineral yang baik bagi kesehatan, diantaranya adalah zat besi, magnesium, mangan, potassium. Tentu saja fungsi sebagai antioksidan, juga dimiliki oleh buah belimbing yang segar dan asem manis ini.


Unsur kandungan vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai anti oksidan inilah yang menjadikan buah belimbing bisa dimanfaatkan sebagai salah satu pilihan buah, untuk terapi anti aging alami.


“Monggo, bapak ibu, mas mbak serta adik adik, mengunjungi kios kami di kebun Belimbing desa Ngringinrejo, kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Bisa memetik sendiri dari pohon kami”, demikian sapa ramah dari mbak Ika salah satu pemilik kios dan kebun Belimbing di kawasan Agrowisata Kebun Belimbing Bojonegoro.


Masyarakat di sekitar wilayah itu, telah menyulap area yang awalnya kurang memadai serta sering terjadi banjir, menjadi agrowisata kebun belimbing, dan merupakan salah satu pilihan wisata yang menyehatkan. Pendukung wisata lainnya juga sudah dilengkapi oleh pemerintah kabupaten, sehingga membangkitkan semangat masyarakat luas untuk mengunjungi destinasi wisata itu. Lokasi agrowisata belimbing bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit, ke arah barat kota Bojonegoro.


Tidak hanya petik belimbing saja, produk dengan bahan baku belimbing yang lain juga bisa didapatkan di agrowisata kebun belimbing Bojonegoro. Dengan mengkonsumsi belimbing secara rutin sebagai salah satu buah, kesehatan kita akan terjaga dengan baik. Dalam hal ini, salah satunya adalah sebagai anti aging. Namun untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya konsultasi dengan dokter atau ahli gizi.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Accept !